Topik : Bahasa dan Komputasi (Teknologi Informasi)
Sub Topik : Perangkat Lunak Perkamusan (Kamus Digital)
Komputasi sebetulnya bisa diartikan sebagai cara untuk menemukan pemecahan masalah dari data input dengan menggunakan suatu algoritma. Hal ini ialah apa yang disebut dengan teori komputasi, suatu sub-bidang dari ilmu komputer dan matematika. Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Namun sekarang, kebanyakan komputasi telah dilakukan dengan menggunakan komputer.
Secara umum ilmu komputasi
adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika
dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis
dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). Dalam penggunaan praktis, biasanya
berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bentuk komputasi lainnya untuk
menyelesaikan masalah-masalah dalam berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam
perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang
mendasar dalam ilmu..
Bahasa (dari bahasa Sanskerta भाषा, bhāṣā) adalah kapasitas khusus yang ada
pada manusia untuk memperoleh dan menggunakan sistem komunikasi yang kompleks,
dan sebuah bahasa adalah contoh spesifik dari sistem tersebut. Kajian ilmiah
terhadap bahasa disebut dengan linguistik.
Sub Topik: Perangkat Lunak Perkamusan ( Kamus
Digital)
A. Pendahuluan
Seiring perkembangan zaman yang
semakin modern di saat ini yang tentunya dimana kemudahan,kecepatan, dan
keakuratan sudah menjadi hal tidak dapat di pungkiri lagi dalam memenuhi
kebutuhan. Sepertisalah satunya dalam hal penenterjemahan bahasa,dimana
kemudahan,kecepatan, dan keakuratan sangat di butuhkan dalam menenterjemahkan
arti dari tiap arti kalimat yang kita tidak mengerti artinya.
B. Tujuan
Penelitian
Penulis disini melakukan
penelitian ini bertujuan untuk nantinya dapat membuat sebuah aplikasi
penenterjemah yang dimana kemudahan,kecepatan dan keakuratan sudah terintegasi
dengan baik di dalam aplikasi tersebut nantinya, yang dimana user dapat
merasakan mannfaatnya.
C.
Rumusan Masalah
Dalam pembuatan aplikasi ini
nantinya penulis menggunakan 2 metode,yang ke- 1 metode study lapangan dengan mengumpulkan informasi
untuk mengetahui apa saja kendala user dalam penenterjemahan bahasa,buku
berbahasa negara apa yang sering kebanyakan user baca. Dan yang ke – 2 metode
study pustaka dimana penulis mengumpulkan database kata dari berbagai sumber
yang di antaranya buku – buku dan internet.
Tahap –tahap yang di lakukan untuk rumusan
masalah,sebagai berikut :
1.
Memberi kuisioner kepada user di lapangan mengenai masalah user dalam
perkamusan.
2.
Mencari data - data kata untuk nantinya menjadi sebagai database
aplikasi perkamusan.
3.
Merancang Prototype, dengan menggunakan hasil kuisioner.
4.
Pembuatan aplikasi.
5.
Menguji cobakan aplikasi yang telah jadi kepada user di lapangan.
6.
Menambahkan jika ada saran – saran dari user di lapangan,jika memang
perlu.
Daftar Pustaka:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar