Minggu, 26 April 2015

Pengalaman Pribadi Tentang Cyber Crime

            Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/carding, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.
            Saya pernah mempunyai pengalaman tentang kejahatan dunia maya atau biasa disebut cyber crime, pada saat saya sma sedang ramainya game online yaitu salah satunya Rising Force atau biasa disingkat RF. Saya juga memainkan game online Rising Force tersebut, game nya termasuk susah bagi para pemula dipermainan ini karena banyak sekali istilah asing dan item-item pada game tersebut. Suatu ketika saya sudah bermain Rising Force cukup lama dan level karakter pada game juga cukup tinggi, saya tidak menyadari kerawanan id dan password game Rising Force saya karena saya bermain di warnet, sehingga orang-orang yang berada di warnet pun bisa memgetahui id dan password game Rising Force saya.
            Suatu ketika saya ingin bermain game online Rising Force, seperti biasa saya memasukkan id dan password game saya tapi alangkah kagetnya saya ketika memasukkan id dan password saya ternyata tidak bisa login. Saya pun bertanya kepada teman saya yang juga bermain game online Rising Force dan kata teman saya kalau id dan password game online Rising Force saya telah dihack atau telah dicuri orang yang tidak bertanggung jawab dan mengganti password id game online Rising Force saya.

            Dengan kejadian itu saya pun sekarang mulai berhati-hati jika memasukkan id dan password, bagi teman-teman yang bermain diwarnet atau tempat umum selalu berhati-hati dalam memasukkan id dan password. Sekian pengalaman saya yang pernah merasakan kejahatan dunia maya atau cyber crime.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar